Manfaat Ikan Belida Untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Belida Untuk Kesehatan
================================





Ikan belida (Chitala lopis) adalah ikan air tawar yang bisa di buat obat herbal seperti Obat Titan Gel yang sangat baik buat kesehatan pada tubuh anda dan  namanya diambil dari nama sungai di Sumatera Selatan yang menjadi habitat aslinya. Ikan ini memiliki banyak nama lain. Ikan belida disebut juga ikan belido. Ada juga yang menyebutnya ikan lobis. Sedangkan orang Banjar menyebutnya ikan pipih. Jenis ini dapat ditemui di Sumatra, Kalimantan, Jawa, dan Semenanjung Malaya. Ikan ini dikenal karena digunakan sebagai bahan utama pembuatan krupuk khas Palembang yang disebut kemplang. Dulu ikan belida digunakan sebagai bahan pembuatan empek empek. Namun sekarang digantikan oleh ikan tenggiri. Ikan belida juga dipelihara sebagai ikan hias karena bentuk tubuhnya yang menarik.



Kandungan dan Manfaat

Ikan belida memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Dalam ikan belida seberat 100gr, 60% bagiannya dapat dikonsumsi. dari 60% daging yang bisa dimakan itu terdapt energi sebesar 120 kkal. Energi ini tergolong cukup tinggi jika dikonsumsi. Kandungan protein dari ikan belida mencapai 25% dari berat tubuh. Ini berarti dalam 100 gr daging ada 25 gram protein didalamnya. Selain protein yang cukup tinggi, ikan belida juga mengandung lemak, mineral dan vitamin yang penting bagi tubuh.

Manfaat dari kandungan ikan belida dapat diuraikan sebagai berikut:

1. Protein

Protein merupakan senyawa yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, khususnya saat masa pertumbuhan. Manfaat protein diantaranya sebagai senyawa pembangun. Protein merupakan bahan utama yang membangun bagian tubuh manusia. Apabila ada bagian tubuh yang rusak, asam amino sebagai hasil katabolisme protein, akan memperbaiki bagian yang rusak tersebut. Sumber protein dapat diperoleh dari daging dan kacang kacangan. Ikan belida memiliki kandungan protein yang tinggi. Ini sangat bagus untuk anak, remaja bahkan orang dewasa.

2. Lemak dan Vitamin

Selain protein, lemak dan vitamin juga diperlukan oleh tubuh. Manfaat lemak adalah sebagai cadangan energi, bantalan organ dan pelarut lemak. Lemak dapat dibedakan menjadi lemak jenuh dan tidak jenuh. Ikan belida memiliki kandungan lemak tak jenuh yang cukup tinggi. Ikan belida juga memiliki kandungan vitamin. Vitamin yang dikandungnya antara lain vitamin A, B1 dan vitamin C. Vitamin A banyak bermanfaat bagi kesehatan mata dn kulit. Vitamin B1 (tiamin) banyak berperan dalam pencernaan lemak dan protein. Juga pencernaan karbohidrat. Ikan belida juga bagus untuk mencegah berbagai penyakit karena mengandung banyak vitamin C.



Komentar